Mengenal Rhythm II-V-I

www.kursusgitar.com – Nada Minor sangat di gemari di kalangan musisi , karena nada minor banyak mengandung unsur notasi yang indah. seperti contoh progresi II-V-I ( Dmi7b5-G7-CMAJ7) , Rhythm Progresi IIm7b5-V7-IMaj7th  bisa diisi menggunakan arpeggio dari Root pada nada Key center, dengan kombinasi arpeggio tersebut dapat dimasukkan unsur nada Minor scales, Melodic atau Minor Harmonic. jika pada posisi V7 menggunakan Dominant 7th. sedangkan pada posisi I maka menggunakan Major7th arpeggios.

Bagaimana pola Ritmik atau Rhythm yang digunakan pada progresi II-V-I ?? bisa di lihat pada gambar di samping . digunakan ketukan 4/4 dan notasi 1/4 an. dengan tempo 120 Bpm.

lihat pada gambar dibawah ini . ikuti notasi dibawahi ini sesuai dengan bar yang ada pada Rhythm, not 1/8 an yang digunakan , pada bar ke-1 dapat kita ketahui jika pada posisi Root ( Dm7b5 ) sehingga 1-b3-b5-b7. sedangkan nada ke-5 bar-1 menekankan pada Chord Dominant 7th , dan kembali pada I yaitu CMaj7, pada nada ke 1 pada bar ke-2

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.